Bintang Liverpool Philippe Coutinho Pindah Ke Barcelona

philippe coutinho pindah barcelona

Klub raksasa Inggris, Liverpool telah mengumumkan kesepakatan tentang kepindahan pemain bintangnya asal Brazil Philippe Coutinho ke Barcelona. Biaya transfer pemain bernomor punggung 10 ini dipercaya 146 juta poundsterling. Kedua klub tersebut sebelumnya diberitakan sudah melakukan beberapa kali pertemuan untuk membahas masalah kontrak dan perjanjian mengenai Coutinho. Kesepakatan ini sendiri diumumkan oleh Liverpool beberapa jam setelah sang pemain bertolak ke Spanyol menggunakan sebuah jet pribadi. Sementara itu tes medis akan dijalani pada hari Senin besok.

Dari pihak Barcelona juga telah menyatakan bahwa pemain Timnas Brazil tersebut akan menandatangani kontrak selama 5 tahun dengan klausul penjualan sebesar 400 juta euro. Menurut sumber yang sama, Coutinho akan menyaksikan pertandingan Barcelona vs Levante hari Minggu ini.

Pernyataan resmi Liverpool melalui website mereka mengatakan “Liverpool FC dapat mengkonfirmasi bahwa Philippe Coutinho akan meninggalkan klub setelah terjadi kesepakatan dengan FC Barcelona dan menunggu hasil dari tes medis dan kesepakatan personal pemain.”

“Philippe Coutinho saat ini sudah diijinkan untuk menyelesaikan segala keperluan dan dokumentasi yang dibutuhkan untuk formalitas agar proses transfer segera selesai.”

Sementara pernyataan resmi dari Barcelona “FC Barcelona dan Liverpool FC telah mencapai kesepakatan dan persetujuan untuk transfer pemain Philippe Coutinho. Sang pemain akan menandatangani kontrak untuk sisa musim ini dan lima musim kedepan dan akan disertakan klausul buyout sebesar 400 juta euro. Dalam beberapa jam kedepan kami akan menginformasikan rincian tentang kedatangan sang pemain dan presentasi di depan publik.”

Pemain berusia 25 tahun ini sebelumnya tidak ikut kedalam skuad Liverpool yang mengadakan pusat pelatihan di Dubai dan juga absen dalam pertandingan setelah tahun baru ini karena masih mengalami sedikit masalah di kakinya. Pemain Brazil tersebut sejak musim lalu memang sudah menjadi incaran Barcelona yang selalu gagal karena angka transfer yang tidak diterima oleh pihak Liverpool.

Coutinho bergabung ke Anfield pada tahun 2013 dengan nilai transfer 8,5 juta poundsterling dan menjadi sosok penting dalam skuad Liverpool dalam beberapa tahun terakhir. Musim ini dia sudah tampil di 20 pertandingan dan mencetak total 12 gol. Barcelona tentunya ingin mengulang kesuksesan pembelian pemain dari Liverpool seperti saat mereka mendatangkan Luis Suarez yang langsung memberikan kontribusi bagi klub Catalunia ini dengan menjadi mesin gol dan menyumbangkan beberapa gelar.