Gareth Southgate Puji Pasukan Muda Inggris

gareth southgate

Gareth Southgate menegaskan bahwa Timnas Inggris saat ini masih bisa lebih baik lagi dan meraih hasil yang lebih baik. Seperti diketahui saat ini Inggris memastikan lolos ke semifinal untuk pertama kalinya sejak terakhir kali tahun 1990. Unggul 2-0 atas Swedia tadi malam membuat mereka akan menghadapi Timnas Rusia yang merupakan tuan rumah di semifinal. Berbicara di depan wartawan setelah pertandingan semalam Southgate memuji kerja keras anak buahnya yang dipenuhi para pemain muda dengan semangat tinggi yang mereka tunjukkan.

“Kami adalah sebuah tim yang masih terus berkembang dan kami tahu kemampuan kami saat ini serta kami yakin kesuksesan akan diraih tim ini karena semua pemain bekerja sangat keras di atas lapangan.”

“Permainan kolektif menjadi kunci permainan kami saat ini dimana semua pemain dan staff kepelatihan sangat padu dan kompak. Untuk bisa melewati dua pertandingan sisa minggu ini kami harus terus menjaga hal tersebut dan menyelesaikan artikel hebat yang bisa terjadi nanti dengan manis.”

“Kami tidak memiliki pemain bintang kelas dunia dengan label pemain termahal dunia tetapi kami memiliki banyak pemain muda bertalenta yang sudah menunjukkan potensi dan kemampuan mereka di atas lapangan secara maksimal. Mereka bisa menjadi sangat berani menguasai bola, mencoba mencari celah di pertahanan lawan dan menunjukkan mental yang sangat kuat.”

“Kami tahu dalam beberapa tahun mendatang mereka akan menjadi semakin kuat tetapi hari ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk kami dan bukan sesuatu yang ingin kami lewatkan begitu saja.”

“Saya sangat bangga dengan apa yang sudah ditunjukkan oleh para pemain dan staff pelatih hingga saat ini karena alasan terbaik kami sampai di titik ini adalah karena kerjasama yang baik antara semuanya.”

“Untuk bisa bermain maksimal di tengah pekan seperti ini menghadapi lawan yang memiliki karakter kuat seperti mereka tadi tentu sangat menguras emosional dan fisik. Namun kami sudah menunjukkan karakter kami, mengontrol permainan dan juga menunjukkan kekuatan fisik yang prima, para pemain muda ini menjadi lebih dewasa di lapangan.”

Timnas Inggris memang lebih banyak menguasai penguasaan bola di babak perempat final lawan Swedia kemarin dan menang dengan meyakinkan. Pada pertandingan semalam penjaga gawang Jordan Pickford tampil sangat meyakinkan dengan membuat beberapa penyelamatan gemilang untuk timnya.

“Pickford adalah contoh penjaga gawang modern yang memang kami butuhkan saat ini,” lanjut Southgate, “dia sangat cepat dengan kemampuan kaki yang juga bagus seperti bukan seorang penjaga gawang klasik yang hanya mengandalkan tangannya.”

“Untuk bisa bermain sebagai tim yang menyerang dan terus menekan lawan kami membutuhkan penjaga gawang seperti dirinya yang memiliki kecepatan di depan gawang.”

Performa mengesankan lainnya juga ditunjukkan oleh bek Leicester City Maguire yang mencetak gol perdananya untuk Timnas Inggris semalam.

“Maguire sudah menunjukkan ancaman ke gawang lawan sejak awal turnamen ini dimulai, ketika saya mengawasinya sepanjang musim lalu saya menyadari bahwa dirinya terus bugar dan memiliki kemampuan atletis yang tinggi dan berguna.”

Pantas ditunggu untuk menyaksikan langkah Tim negara asal sepakbola ini di Rusia, dahaga gelar di level internasional tentu sudah dirasakan oleh para pendukung The Three Lions sejak lama. Di pundak para anak muda ini patut disaksikan harapan tanah Britania Raya.