Kemenangan Liverpool Berkat Pengalaman Supporter

liverpool semifinal liga champions

Berita sepakbola terbaru Liverpool akhirnya memastikan lolos ke babak semifinal Liga Champions Eropa musim ini setelah di laga leg kedua di markas Manchester City semalam menang lagi 2-1. Pengalaman yang dimiliki oleh para fans Liverpool dianggap menjadi faktor penting yang membantu tim ini menang.

Pasukan Jurgen Klopp memenangi dua laga lawan Manchester City dengan keunggulan agregat 5-1 dan menjadi tim kedua setelah AS Roma yang juga memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Barcelona 3-0 di markasnya. Meskipun sempat tertinggal oleh gol cepat dari Gabriel Jesus di pertandingan semalam, namun Liverpool mampu bangkit dan keluar dari tekanan bahkan membalikkan keadaan. Hal yang sungguh sulit diterima saat bermain di markas pemuncak klasemen Liga Premier Inggris ini.

Mantan pemain Liverpool Craig Bellamy mengatakan bahwa faktor pendukung yang fanatik dan berpengalaman memberikan efek positif bagi The Kop semalam.

“Jika kita melihat supporter Liverpool, 95% dari mereka menyaksikan klub ini menjadi juara Liga Champions Eropa tahun 2005 di Istanbul. Bahkan generasi sebelumnya tentu menyaksikan kebesaran klub ini di Eropa pada masa lalu. Saya pikir pengalaman seperti ini yang mampu mengangkat moral permainan sebuah tim, tradisi juara dan mental juara yang ditularkan oleh para pemain kedua belas ini sangat berpengaruh.”

“Pengalaman dari supporter bisa mendorong para pemain di lapangan untuk tampil lebih baik. Kita bisa melihat ini di klub-klub besar yang memiliki tradisi juara dan pada momen penting. Akan ada saatnya sebuah klub mengalami masa kemunduran dan harus melalui masa-masa yang sulit. Pada saat seperti inilah dukungan dari para pendukung mereka sangat penting.”

“Para supporter khususnya yang berada di lapangan tidak akan terdiam ketika tim nya sedang kalah karena mereka tahu bahwa suara mereka dibutuhkan untuk memompa semangat para pemain. Mereka sudah mengalami ini di waktu sebelumnya jadi mereka berpengalaman dalam membantu tim.”

“Kita bisa melihat perbedaan yang jelas jika Liverpool bermain di Anfield pada pertandingan Liga Champions Eropa, sama seperti halnya di Madrid ataupun Milan. Semua klub besar memiliki tradisi juara di masa lalu dan para supporter militan yang berjuan di sisi para pemain.”

“Saya sudah menduga sebelumnya bahwa Liverpool akan memenangkan pertandingan, berdasarkan pengalaman, fakta sejarah dan dukungan fans seperti itu membuat mereka berada diatas angin. Bandingkan dengan supporter Manchester City yang belum terlalu lama berada di jajaran klub sepakbola besar, mereka kurang memiliki sejarah sebagai juara.”

“Mungkin banyak orang yang bertanya apakah hal itu berlaku karena ini tim yang berbeda. Memang benar ini tim yang berbeda, namun ini adalah klub yang sama yang pernah menjuarai Liga Champions sebanyak 5 kali.”

Memang tidak bisa dipungkiri dalam dunia sepakbola faktor sejarah memiliki arti yang sangat besar di dalam pertandingan. Real Madrid, Liverpool, AC Milan memiliki sejarah menjadi juara Liga Champions dan basis pendukung mereka sangat besar di seluruh belahan penjuru dunia. Membela sebuah klub besar dengan tradisi banyak gelar tentu membuat para pemain di lapangan memiliki motivasi dan kebanggaan yang harus mereka jaga dengan terus bermain maksimal.