Liga Premier Inggris Lebih Penting Daripada Liga Champions

guardiola juara liga premier inggris

guardiola juara liga premier inggris

Berita sepakbola terbaru dari Inggris pelatih Manchester City, Pep Guardiola menegaskan bahwa dirinya lebih memilih untuk kembali meraih juara Liga Premier Inggris musim depan daripada Liga Champions. Dalam tujuh tahun ini The Citizens telah mendapatkan tiga gelar juara Liga Premier Inggris bahkan musim ini mereka mencatatkan rekor jumlah poin, jumlah kemenangan dan jumlah gol dalam sejarah.

Di lain pihak mereka harus menelan kekalahan dari Liverpool di ajang Liga Champions Eropa di babak delapan besar, dan meskipun Manchester City belum pernah menjuarai turnamen ini, pelatih Guardiola yang pernah menjuarainya dua kali bersama Barcelona menegaskan dirinya lebih memilih kompetisi domestik. Menurutnya akan menjadi sebuah kesalahan jika dia lebih fokus di Liga Champions.

Keterangan itu diberikan oleh Guardiola ketika diwawancarai oleh mantan pemain Gary Neville, “tentu saja Liga Premier Inggris, tanpa keraguan.”

“Ini akan menjadi kesalahan besar jika kita berpikir, oke sekarang kita sudah menjuarai Liga Premier Inggris, sekarang kita mengincar Liga Champions.”

“Walaupun tersingkir dari Liga Champions namun memenangkan liga domestik akan sangat memuaskan. Liga Inggris adalah kompetisi yang sangat penting, ini memberikan anda konsistensi yang akan datang di momen yang tepat, Liga Champions sangat rumit dengan tim-tim lawan yang berat, mereka semua klub hebat.”

Pep Guardiola memenangi Liga Champions pada tahun 2009 dan 2011 bersama raksasa Spanyol Barcelona dan tidak pernah sampai ke final di periode selanjutnya hingga sekarang. Selama tiga tahun melatih Bayern Munchen timnya selalu kandas di babak semifinal.

Ketika ditanya apakah dirinya merasa ingin segera memenangi turnamen tersebut lagi, Guardiola mengatakan “frustasi bukan kata yang tepat, Barcelona saja baru memenanginya tahun 1992 bahkan Sir Alex Ferguson juga butuh waktu beberapa tahun untuk bisa menjuarainya bersama Manchester United.”

“Akan menjadi sebuah kesalahan besar untuk Manchester City jika terlalu fokus pada Liga Champions, tentu saja turnamen itu tetap menjadi target kami dan kami akan berjuang keras disana. Akan tetapi saya tegaskan target utama kami tetap Liga Premier Inggris.”

“Jika kami tampil dengan baik selama musim diepan di liga domestik akan lebih memudahkan kami untuk mengarungi kompetisi lainnya. Oleh karena itu semua bergantung pada posisi kami di Liga lokal terlebih dahulu, rotasi pemain dan menjaga kebugaran serta performa tim menjadi hal yang sangat penting.”

“Seperti yang kita tahu bermain di turnamen Eropa maka kami akan melawan klub-klub besar seperti Juventus, Liverpool, Barcelona, Real Madrid, Roma, Bayern, Manchester United dan lain-lain. Tentu saja kami akan berjuang di sana, namun walaupun kami gagal di lima musim kedepan itu bukanlah suatu musibah atau bencana besar bagi klub kami.”