philippe coutinho

Liverpool Mengadu Nasib Dengan Menjual Coutinho ke Barcelona

Berita sepakbola Liverpool dianggap telah memutar dadu dengan penjualan bintang mereka Philippe Coutinho ke Barcelona di tengah musim ini. Barca mendatangkan Coutinho ke Camp Nou dari Liverpool awal bulan ini dan memecahkan rekor klub dengan nilai transfer 146 juta poundsterling.

Jurgen Klopp mengungkapkan bahwa klubnya saat ini sudah mengawali performa tanpa Coutinho dengan sangat baik setelah mengalahkan Manchester City. Akan tetapi pernyataan tersebut seperti terbantahkan karena 2 kekalahan beruntun dari West Brom dan Swansea City. Hal ini menyebabkan proses penjualan Coutinho kembali menjadi sorotan dimana Klopp mengungkapkan bahwa Coutinho tidak tergantikan.

Beberapa analis sepakbola di Inggris bahkan memprediksi bahwa Liverpool bisa saja terlempar dari posisi 4 besar.

“Nampaknya musim ini akan kembali ada klub besar yang berada di luar posisi 4 besar klasemen akhir. Musim lalu Manchester United lolos ke Liga Champions melalui jalur belakang dan akan menjadi hal yang mengecewakan jika musim ini Liverpool tidak bisa melakukannya. Mereka baru saja melakukan hal yang beresiko dengan menjual pemain andalan ke Barcelona.”

“Pelatih Liverpool saat ini harus memiliki keyakinan dengan skuad yang dia miliki dan mencoba meraih posisi yang terbaik di akhir musim. Dia sadar bahwa di tengah musim seperti ini akan sulit untuk mendatangkan pemain baru, cukup realistis jika mereka mencoba mendatangkan pemain baru di bursa transfer musim panas, hal yang belum tentu juga bisa direalisasikan.”

“Sebuah klub besar sangat jarang menjual pemain mereka di bursa transfer tengah musim seperti ini karena tekanan di paruh kedua musim akan lebih besar.”

“Barcelona sebenarnya juga dalam posisi tawar yang kurang bagus karena mereka baru saja kehilangan Neymar yang pindah ke PSG. Kebutuhan seorang pemain besar di barisan depan ini dimanfaatkan oleh manajemen Liverpool dengan berpikiran bahwa saat ini adalah yang paling tepat untuk menjual Coutinho.”

Faktor terbesar dari berkurangnya peran Coutinho di Liverpool musim ini karena saat dia cidera, Mohammed Salah yang baru datang tampil sangat memukau dan mampu menyampingkan perannya.
Sementara itu Daniel Sturridge yang dianggap kurang berkontribusi musim ini telah dipinjamkan ke West Brom hingga akhir musim. Hal ini dikarenakan penampilan Oxclade Chamberlain yang baru dibeli dari Arsenal di awal musim diangagp lebih bagus dari mantan pemain Timnas Inggris tersebut.

Sementara itu mantan penyerang Craig Bellamy mengungkapkan bahwa yang menjadi kekurangan Liverpool dalam beberapa musim ini bukanlah di bagian penyerang.

“Barisan penyerang tidak menjadi keraguan saya dalam beberapa tahun ini,” ungkap Bellamy yang sudah tampil 79 kali bersama The Kop.

“Keseimbangan dalam transisi permainan menjadi kekurangan mereka saat ini. Permainan dari sisi sayap yang kurang berkembang dan barisan pertahanan yang sering rapuh harus diperhatikan oleh staff pelatih. Bisa saja yang menyebabkan ini semua adalah strategi yang kurang cocok untuk diterapkan.”

Previous Post Next Post

You Might Also Like