Manchester United Harus Datangkan Banyak Pemain Bintang

Jose Mourinho

Manchester United nampaknya harus memastikan memiliki kekuatan skuad yang lebih berkualitas untuk menyongsong musim depan. Tim Manchester merah menutup musim ini dengan kemenangan tipis 1-0 atas Watford di Liga Premier Inggris. Jose Mourinho memastikan bahwa timnya harus menambah kekuatan skuad dengan mendatangkan lebih banyak pemain bintang di bursa transfer musim panas nanti.

Perbedaan kekuatan mereka dengan rival sekota Manchester City musim ini dianggap terlalu lebar yang berakibat kalah bersaing dalam perburuan gelar. Para pemain seperti Ashley Young, Antonio Valencia, Chris Smalling dan Ander Herrera sudah menjadi pemain Manchester United di bawah asuhan beberapa pelatih berbeda. Menyongsong musim 2018-2019 mereka harus memiliki pemain pengganti yang memiliki talenta lebih dari para pemain tersebut. Skuad yang mereka miliki sekarang dianggap kalah berkilau daripada miliki City.

“Dalam sebuah liga yang berisi 38 pertandingan ketahanan sebuah tim sangat diperlukan. Kualitas antara pemain inti dengan pemain kedua harus seimbang, bayangkan musim ini antara posisi runner up dengan posisi kelima hanya berselisih delapan poin. Hal berbeda terjadi antara posisi puncak dengan posisi runner up dimana jarak kami adalah sembilan belas poin.”

Pergerakan yang akan dilakukan oleh Manchester United diyakini akan dihalangi oleh Manchester City yang tentunya ingin mempertahankan gelar juara mereka musim depan. Kali terakhir sebuah klub bisa mempertahankan gelar juara Liga Premier Inggris adalah musim 2008-2009 ketika Alex Ferguson masih melatih Manchester United. Guardiola dianggap sudah memiliki skuad yang dalam untuk mengarungi musim berikutnya.

Manchester United saat ini tidak memiliki sosok seperti Ilkay Gundogan di Manchester City yang memiliki kemampuan layaknya pemain tengah utama mereka. Mereka juga tidak memiliki bek seharga 40 juta poundsterling sebagai back up. Diharapkan mereka bisa mendatangkan pemain yang bisa mengganti para penghuni skuad utama, bukan hanya mencari pemain pelapis saja.

Tahun lalu United mendatangkan Lindelof tetapi kemampuannya dalam beradaptasi dengan gaya sepakbola Liga Inggris tidak terlalu baik dan kurang mampu mengangkat performa tim. United juga harus memiliki skuad yang menakutkan di setiap pertandingan khususnya di sektor belakang. Eric Bailly yang musim ini menjadi bek terbaik mereka harus terus bermain konsisten dan mendapatkan partner yang sepadan.

Di sektor sayap pun Manchester United memerlukan banyak perbaikan, nasib Luke Shaaw harus jelas apakah dirinya masuk rencana jangka panjang Mourinho atau tidak. Sementara itu masa emas Antonio Valencia pun juga mulai pudar, sementara walaupun Ashley Young berperan cukup baik musim ini namun dia tidak terlalu konsisten. Mourinho harus mendatangkan pemain baru untuk menghuni tim utama dan menjadi para pemain seperti Valencia serta Young sebagai pelapis saat dibutuhkan.

Paul Pogba musim dianggap menurun penampilannya apalagi jika dibandingkan saat dirinya masih berseragam Juventus. Wajar saja jika dilihat dan dibandingkan saat di Juventus Pogba bermain bersama gelandang elegan Pirlo dan gelandang badak Arturo Vidal. Sementara di Manchester United para gelandangnya tidak memiliki kemampuan yang bisa membuat Pogba lebih bebas dalam mengeksplorasi lapangan tengah. Jika ingin mengeluarkan potensi pemain termahal dunia tahun lalu ini, maka United harus bisa mendatangkan pemain tengah yang bisa menjaga keseimbangan permainan tim sehingga memberikan ruang kepada Pogba untuk lebih bebas bekreasi.

Sebagai salah satu klub sepakbola paling besar di dunia, Manchester United memiliki pemasukan besar dari berbagai sektor. Diharapkan dengan pemasukan tersebut mereka bisa mendatangkan pemain bintang lagi sesuai kebutuhan Mourinho untuk mengarungi musim depan dengan lebih kompetitif.