Manchester United Putuskan Kontrak Zlatan Ibrahimovic

ibrahimovic

Manchester United sudah mengumumkan bahwa mereka sudah memutuskan kontrak dengan Zlatan Ibrahimovic pada hari Kamis kemarin. Meskipun hanya sekitar satu tahun membela Tim Setan Merah, namun banyak yang beranggapan bahwa keberadaan Ibrahimovic di United sangat penting dan memberikan imbas sangat positif.

Ibrahimovic datang ke Manchester United dari PSG dengan status bebas transfer dan datang dalam keadaan cidera ACL. Hebatnya pemain berusia 36 tahun kala itu bisa sembuh dari cidera berat tersebut dalam waktu 216 hari.

Keberadaan pemain yang pernah sukses bersama Juventus ini mampu memperkuat mental para pemain muda Setan Merah musim itu. Meskipun Paul Pogba menjadi rekrutan termahal Manchester United kala itu, namun tidak ada yang meragukan bahwa Ibrahimovic lah yang menjadi pemain andalan paling berpengaruh di dalam tim. Dia mencetak 28 gol dari 46 kali pertandingan, hal yang membuatnya sangat menonjol, apalagi mengingat usianya yang tidak muda lagi sebagai seorang penyerang.

Mungkin sangat sulit untuk bisa mengukur secara pasti efek positif yang sudah ditinggalkan oleh seorang Zlatan Ibrahimovic, namun pemain yang datang dengan slogan “God has arrived” tersebut pasti memberikan kepercayaan diri lebih untuk tim ini. Untuk bermain bersama seorang yang memiliki mental menang di sepanjang karirnya seperti Ibra, tentu saja itu akan meningkatkan semangat rekan-rekan tim yang lain.

“Dia membawa banyak hal baik ke dalam tim ini, tidak hanya mentalitas tetapi caranya memahami permainan sepakbola, caranya berinteraksi dengan pemain lain di ruang ganti,” ungkap Juan Mata, “Dia selalu melakukan hal yang tepat di saat yang tepat untuk memompa semangat kami.”

Ibrahimovic menjadi sosok yang paling bisa diandalkan oleh Jose Mourinho di musim pertamanya melatih Manchester United. Kesuksesannya meraih 3 trofi juara di musim pertama tersebut tentunya tidak bisa lepas dari peran besar mantan pemain Timnas Swedia ini.

Mental dan karakter yang kuat adalah hal yang mencerminkan seorang Ibrahimovic selama ini. Kemampuannya dalam berduel dengan pemain bertahan lawan sudah sering diperlihatkannya di lapangan. Mental juara yang tinggi sering di tunjukkan di laga-laga penting seperti final Piala Liga dan Community Shield dimana dia mencetak gol penentu kemenangan.

Kesuksesan seorang Zlatan sudah dimulai saat dia masih belia, liga-liga besar Eropa seperti dia kuasai. Liga Belanda, Italia, Spanyol dan Prancis sudah merasakan magis yang dia miliki. Kesuksesan di musim pertamanya di Inggris seperti penutup sebuah pertunjukkan dari seorang Ibra yang sudah melalui masa keemasannya sebagai pemain sepakbola.

Sekarang setelah dia berpisah dengan Manchester United, Ibrahimovic santer dikabarkan segera bergabung ke MLS bersama LA Galaxy. Banyak pesepakbola profesional dunia yang memang menjadikan Major Super League Amerika sebagai perhentian terakhir mereka sebelum pensiun. Ada David Beckham, Sebastian Giovinco, Pirlo, Kaka bahkan Sweinsteiger yang sudah bermain ke Negeri Paman Sam terlebih dulu.