Pep Guardiola Kevin De Bruyne Layak Dapat Ballon d’Or

kevin de bruyne

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mempercayai bahwa Kevin De Bruyne bisa menantang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam perburuan gelar pemain terbaik dunia atau Ballon d’Or namun itu hanya akan terjadi jika dia bisa mengantarkan klubnya menjadi juara musim ini.

De Bruyne tampil sangat mengesankan sejak awal musim ini dan pemain Timnas Belgia tersebut menjadi salah satu kunci permainan timnya seperti yang kembali dia lakukan pada pertandingan terakhir lawan Leicester City dimana tuan rumah menang telak 5-1.

Messi dan Ronaldo telah mendominasi gelar pesepakbola terbaik di level individu sejak selama satu dekade ini. Keduanya seakan silih berganti untuk menjadi pemain terbaik dunia sejak tahun 2008, tetapi Guardiola percaya bahwa De Bruyne bisa mengakhiri hegemoni keduanya jika paling tidak mampu mengantarkan Manchester City menjuarai Liga Premier Inggris musim ini.

“Tidak ada keraguan,”Guardiola, “Dia tidak hanya bermain fantastis di satu atau dua pertandingan, sepanjang musim ini dia telah menunjukkan permainan yang hebat.”

“Akan tetapi dia sendiri tahu dan semua orang juga tahu jika dia ingin mendapatkan gelar tersebut maka dia harus mendapatkan gelar juara bersama klubnya terlebih dahulu, khususnya juara titel yang satu itu. Tetapi pemain yang seperti dirinya sulit ditemukan di Eropa saat ini.”

Ketika disinggung apakah titel yang dia maksud adalah Liga Champions Eropa, Guardiola pun mengaminkannya. “Tentu saja, paling tidak kami harus melangkah lebih jauh di babak knock out, tanpa hal itu dia tidak akan dinominasikan.”

De Bruyne saat ini sudah mencatatkan 18 assists untuk rekan-rekannya di semua kompetisi namun dirinya mengungkapkan tidak ingin terlalu dipuji sebagai pemain individu.

“Secara jujur saya bisa mengatakan bahwa ketika saya sibuk bermain sepakbola maka saya tidak akan memikirkan hal lainnya,” ungkap De Bruyne, “saya hanya melakukan apa yang seharusnya, apa yang saya dapatkan setelah melakukan tugas sesuai instruksi tergantung orang lain untuk menilainya.”

“Saya melakukan apapun untuk bisa meraih gelar juara bersama tim ini, apa yang terjadi setelahnya saya anggap itu bonus. Saya senang dengan apa yang saya alami saat ini, saya bermain seperti ini untuk kepentingan tim. Ini membuat saya bermain lebih leluasa dan lebih memudahkan tim untuk berkembang.”

De Bruyne mengungkapkan beberapa kali bahwa timnya berada diatas kepentingan individu dan jika dia mendapatkan penghargaan maka itu adalah hadiah ekstra.