Sol Campbell : Manchester City dan Arsenal Beda Jaman

sol campbell

Mantan pemain bintang Arsenal, Sol Campbell mengungkapkan bahwa faktor keuangan klub di sepakbola modern membuat beberapa klub super kaya tampil sangat berbeda dan dominan, namun melihat permainan Manchester City musim ini menurutnya sangat indah untuk dilihat.

Campbell pernah menjadi bagian dari tim Arsenal yang ‘invincible’ tidak terkalahkan pada musim 2003/2004 lalu dan juga memenangkan titel juara Liga Premier Inggris dua kali bersama The Gunners. Sementara itu Manchester City saat ini juga tampil sangat mengesankan dan berpeluang besar menjadi juara Liga Premier Inggris dengan permainan yang menawan.

Ketika ditanya mengenai perbandingan tim Arsenal kala itu dengan City yang sekarang, Campbell mengungkapkan kedua tim berada dalam situasi yang berbeda.

“Ada perbedaan kondisi antara dulu dan sekarang, saat ini uang dan kemampuan finansial sebuah klub berada di level yang berbeda untuk membeli pemain. Jaman dulu sebuah klub harus pandai-pandai memilih pemain dan mengukur nilai jual pemain tersebut, jadi praktis tidak boleh membuat banyak kesalahan.”

“Itu perbedaan kami dengan Manchester City sekarang, mereka bisa mengatakan pembelian pemain gagal atau tidak berlangsung dengan baik kemudian membeli beberapa pemain lagi, levelnya sangat berbeda. Dua klub ini berada di era yang berbeda dan keduanya memainkan sepakbola yang hebat.”

“Permainan Manchester City sangat indah dan enak untuk dilihat, pergerakan pemain dan kemampuan individu para pemain sangat tinggi. Semua pemain bekerjasama dengan baik, kompak dengan umpan-umpan yang tepat serta mampu memanfaatkan lebar lapangan dengan sangat baik. Mereka memiliki penjaga gawang yang bisa bermain seperti bek terbaik dunia tidak seperti konvensional yang hanya bertugas sebagai penjaga pertahanan terakhir, dia bisa ikut membantu permainan.”

“Manchester City adalah tim yang bermain dengan mendominasi penguasaan bola, setiap pemain wajib menjaga dengan baik bola agar terus mengalir. Pep Guardiola memiliki kepercayaan yang tinggi kepada para pemainnya untuk melakukan hal itu meskipun bisa saja terjadi kegagalan atau blunder, namun dengan saling percaya antara pemain maka tim ini bisa melakukan hal yang indah untuk ditonton.”

“Mereka memiliki para pemain di lapangan tengah dan para penyerang dan karena mereka memiliki penguasaan bola yang baik  maka kelemahan di lini belakang pun tidak terlihat oleh tim lawan. Sesekali memang lini pertahanan mereka bisa saja kecolongan karena serangan balik, namun jika tidak terlalu sering terjadi di sebuah pertandingan maka tetap aman saja, itu hebat.”

Aksi dari Manchester City akan kembali bisa dilihat pada pertandingan lanjutan Liga Champions Eropa lawan sesama klub Inggris Liverpool di babak perempat final. Sebelumnya Liverpool bisa mengalahkan City 4-3 di Anfield awal tahun ini.

Ditanya mengenai kemungkinan Liverpool bisa mengalahkan Manchester City lagi di laga nanti, Campbell mengungkapkan bahwa kemungkinan selalu ada. Liverpool juga diketahui memiliki barisan pemain tengah dan penyerang yang sangat berbahay. Apalagi kecepatan para pemainnya yang sering membuat tim lawan sangat kesulitan dalam mengantisipasinya. DItambah lagi saat ini Mohamed Salah juga sedang berada di puncak performanya dengan rajin mencetak gol.